Jumat, 29 Juli 2011

Optimasi SEO I-Legal





Perjuangan untuk meraih tempat teratas pada search engine result
tidak mengenal batasan – baik secara etika maupun teknis. Ada banyak
laporan mengenai situs-situs yang dibanned oleh Google dan search engine
lainnya baik sementara maupun selamanya, karena malpraktek dan
menggunakan ‘black hat’ teknik optimasi SEO. Reaksi dari search engine
mudah untuk dimengerti – dengan begitu banyak tipu daya dan penjiplakan
yang ditaruh oleh para ahli SEO di gudang mereka, hasil yang di
tampilkan oleh search engine akan sama-sekali tidak berhubungan dengan
isi dari website.



Dan hal ini membahayakan website tersebut karena beresiko di banned
oleh Google. Dan andaipun search engine tidak mendeteksi kecurangan ini,
biasanya pesaing anda akan melaporkannya.






Keyword Density atau Keyword Stuffing






Kadang kala seorang ahli SEO melakukan hal diluar batas etika demi
mendongkrak situs klien mereka pada posisi teratas dengan menggunakan
praktek tidak etis, seperti Keywod Stuffing. Keyword stuffing dianggap
sebagai praktek yang tidak etis karena pada dasarnya yang anda lakukan
adalah menuliskan keyword sebanyak-banyaknya, yang tidak berhubungan
dengan website itu sendiri untuk mengelabui pengguna Search Engine,
aktifitas ini sering membuat pengguna SE (Search Engine) kesasar.






Doorway Pages dan Hidden Text






Keyword lain yang umum adalah doorway pages. Sebelum Google memperkenalkan algoritma PageRank, doorway di praktekan secara umum dan saat itu ia tidak dianggap sebagai cara illegal untuk optimasi website. Sebuah halaman doorway adalah sebuah halaman yang dibuat khusus untuk search engine bukan untuk manusia, gunanya untuk mendapat posisi terbaik dalam search engines dan mengelabui pengguna SE untuk mendatangi website tersebut.



Meskipun Keywords masih merupakan cara yang direkomendasikan, namun
mengandalkan sepenuhnya pada keywords untuk menentukan posisi terbaik
situs anda, adalah salah. Maka halaman doorway bukan cara terbaik untuk
mendapat lalu lintas tinggi bagi situs anda, namun jika anda
menggunakannya, jangan salahkan Google jika menghukum anda.



Ada sebuah teknik lain yang hampir serupa dengan halaman doorway
yakni hidden text, yang tidak tampak pada manusia namun dimasukan
kedalam halaman HTML source, untuk mengelabui search engine bahwa
halaman tersebut adalah keyword-rich. Sebenarnya, doorway dan hidden text tidak bisa (sulit) jika dikualifikasikan sebagai cara
optimasi situs, namun mereka lebih pantas di kualifikasikan sebagai
teknik memanipulasi dan mengelabui pengguna Search Engine, dengan
konsekuensi situs anda di hukum oleh Google, Yahoo dan MSN.






Isian duplikat (Duplicate Content)






Kandungan (content) website merupakan hal paling utama dalam SEO,
namun bukan duplikasi teks/content. Dalam aturan Google, duplikasi teks
berarti teks yang sama berada dihalaman berbeda pada situs yang sama.
Jika anda melakukan copy-paste sejumlah paragraf dalam satu
halaman-kehalaman lain di situs anda, maka jangan tekejut jika rangking
situs anda turun. Namun banyak pelaku SEO percaya bahwa teknik
menggabungkan teks/content bukan merupakan duplikasi teks dan memang
banyak contoh untuk ini.



Jika menggabungkan teks/content di kategorikan sebagai duplikasi teks
maka situs agen-agen berita adalah situs yang pertama akan turun
rangkingnya pada hasil pencarian search engine. Namun begitu tidak ada
salahnya, untuk mengecek jikalau situs anda memiliki isian duplikat
dengan situs lain, setidaknya, bisa saja seseorang secara illegal
mengkopi isi dari situs anda dan anda tidak mengetahuinya. Similar Page
Checker Tool Similar Page Checker dapat membantu anda untuk mengetahui kalau-kalau ada situs lain, yang secara illegal mengkopi isi dari situs anda.






Links Spam






Link Spam adalah masalah utama yang lain dalam SEO tool, seperti SEO tool
yang lain, ia dapat digunakan atau disalah gunakan. Walaupun Backlink
adalah hal penting (bagi Yahoo! backlink pentingnya sebesar kuantitas
isian, sedangkan Google mementingkan dari mana situs-situs backlink itu
berasal), memiliki puluhan backlink dari sebuah link farm* atau dari
sebuah situs yang telah di backlist sama saja anda minta dihukum oleh
Google.



Satu hal lagi, jika outbond links (link yang berada disitus anda
untuk menuju situs lain/link orang lain) jumlahnya lebih besar di
banding jumlah inbound link (link dari situs lain yang menuju situs
anda/link anda), maka anda telah melakukan usaha sia-sia, karena hal ini
tidak akan menaikan rangking dari situs anda. Anda dapat menggunakan Domain Stats Tool untuk melihat jumlah backlink (inbound link) pada situs anda dan dapat mempergunakan Site Link Analyzer untuk mengetahui berapa jumlah link yang anda miliki (outbond link).



Menaruh keywoard pada link anda (anchor teks), nama domain, nama
folder dan file memang bermanfaat untuk menempatkan posisi anda pada
rangking mesin pencarian, namun usaha ini beresiko di hukum oleh Google.
Contohnya, jika anda mencoba mengoptimalkan kata “ayu”, misalkan kata
ini sering di pilih menjadi keyword dan sebagai keyword dan ungkapan
populer, persaingan semakin keras, sehingga anda tidak melihat
alternatif lain untuk meraih posisi teratas sehingga membuat domain
seperti ini http://ayu-sariayu-ayusari-ayunya.com, sehingga di masukan
dengan sejumlah keyword sampai jumlah maksimum, namun ingat – domain
anda akan sulit di ingat. Dan kedua – jika isi darinya tidak memuat data
seperti nama yang tercantum dalam domain, maka situs anda tidak akan
berada pada posisi teratas pada hasil pencarian.



Meskipun nama file dan folder tidak begitu penting di banding nama
domain, sekarang dan nanti (namun tidak selamanya) kamu dapat memasukan
“ayu” didalamnya dan pada teks panah dari links (anchor text). Ini
dianggap baik, menyediakan anchor link
bukan sebagai salinan yang disisipi (contohnya jika anda menggunakan
“cat_cats_kitten”, sebagai anchor untuk link dari situs internal anchor
ini adalah sisipan). Sedangkan anda tidak mempunyai control terhadap
bagian ketiga yang ter-link pada situs anda, dan gunakan anchor yang
tidak anda sukai, dan hal ini adalah terserah anda untuk melakukan
pengecekan periodic, anchor apa yang situs lain gunakan untuk me-link situs anda.



Akhirnya, bagi Google dan search engine lainnya, tidak lah berbeda jika sebuah situs secara sengaja melakukan cara-cara optimasi berlebihan untuk mengelabui search engine, hal ini bisa tergolong hasil dari maksud-maksud yang baik, maka apapun motivasi anda, janganlah lupa untuk memakai cara yang masuk akal dan ingat! jangan melampaui aturan.






Keterangan:






Link farm adalah semacam
jaringan antarsitus yang saling memasang link satu sama lain untuk
meningkatkan kepopuleran link mereka. Bisa berupa button berukuran 88×31
piksel atau hanya teks yang bisa diklik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar